Manfaat Tanaman Jengger Ayam

Jengger Ayam – Tanaman ini mempunyai bentuk yang sedikit unik karena bentuknya. Karena bentuknya seperti jengger ayam banyak yang menyebut tanaman ini tanaman jengger ayam. Berasal dari famili Amaranthaceae dengan spesies Celosia cristata.

Mempunyai banyak nama lokal yaitu : Sulawesi menyebut tatara manuk, sapiri manu, bunga api-api, laya, langgelo, kaputi ayam, rangrang jangang, bunga lali manu, dan puwa ri sawito. Di Jawa dikenal sebagai Jawer hayam (bahasa Sunda), jawer kotok, bayem cenggeng, jhanggar ayam atau rebha mangsor, sedangkan di Sumatera disebut sebagai celala, banda ulu, dan bunga tali. Orang Maluku menyebutnya Wire, kolak, toko, marerede, sule-sule, sementara orang Nusa Tenggara janggar siap, ndae ana sina atau bunak manula larit.

Ciri Tanaman :
– Tinggi tanaman 60-90 cm
– Batang tebal dan kuat
– Daun Tunggal tumbuh berseling berbentuk bulat telur dan atau memanjang dengan panjang 5-12 cm lebar 3.5-6.5cm ujung runcing
– Tepi daun rata dan berwarna hijau dengan daun bergaris merah.
– Bunga keluar di ujung batang atau di ujung percabangan warnanya ungu, merah, dadu, kuning.
– Buahnya retak sewaktu masak, terdapat dua atau beberapa biji kecil

Penyebaran :
Diperkirakan berasal dari Afrika, India dan Amerika Utara maupun Amerika Selatan. Umumnya tumbuh di taman-taman atau pekarangan. Tumbuh sumbur sampai dengan ketinggian 1.000 mdpl.
Tumbuhan ini tahan dari serangan penyakit, dapat ditanam di dalam atau luar ruangan, walaupun lebih menyukai di tempat terbuka, terpapar langsung matahari dengan sistem drainase yang baik atau penyiraman rutin.

Kandungan senyawa :

  • Sifat atau karakter
    Bunga jengger ayam rasanya mais, sifatnya sejuk, astringen, dengan afinitas ke meridian hati dan ginjal. Berkhasiat antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), dan menerangkan pengelihatan.
  • Kandungan Kimia
    Bunga mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol.
  • Bagian yang Digunakan
    Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah bunganya. Keringkan dengan cara dijemur untuk penyimpanan.

Manfaat :

  • Perdarahan seperti mimisan (epistaksis), batuk berdarah (hemoptisis), muntah drah (hematemesis), air kemih berdarah (hematuria), wasir berdarah, perdarahan rahim,
    Disentri, diare
  • Penglihatan kabur, mata merah
  • Infeksi saluran kencing, kencing nanah, dan
  • Keputihan (leukorea).

Baca Juga Artikel Tentang :