Manfaat Tanaman Jombang

Jombang – Seluruh tanaman Jombang bermanfaat, mulai dari daun, batang hingga akarnya. Tanaman Jombang mempunyai rasa manis dan pahit. Sifat tanaman yang dingin ini berfungsi memperkuat hati (liver) dan lambung. Selain itu tanaman Jombang juga berfungsi sebagai anti biotik, antiradang, menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing (diurentik kuat), membersihkan panas dan racun, serta meningkatkan produksi empedu.

Ciri-ciri:

  • Terna menahun, tinggi 10 -25 cm, seluruh bagian tumbuhan mengandung cairan, seperti susu.
  • Daun berkumpul membentuk roset akar, bagian pangkal rebah menutup tanah.
  • Daun tunggal, berbentuk lanset, sungsang, ujung runcing, pangkal menyempit menyerupai tangkai daun, tepi bergerigi tidak teratur, kadang berbagi sangat dalam, panjang 6 -15 cm, lebar 2 – 3,5 cm, berwarna hijau dilapisi rambut halus berwarna putih.
  • Bunga tunggal, bertangkai panjang yang dilapisi rambut halus berwarna putih, berkelamin dua.
  • Mahkota bunga berwarna kuning, diameter 2,5 – 3,5 cm.
  • Buahnya berbentuk tabung, berwarna putih.
  • Akarnya panjang, tunggal, atau bercabang.
  • Daun muda dapat dimakan sebagai lalap atau dibuat salad yang berkhasiat tonik.
  • Daun tua dapat dikukus atau dimasak sebagai sayuran.
  • Jombang dapat diperbanyak dengan biji.

Penyebaran:
Umumnya, jombang tumbuh liar di lereng gunung, tanggul, lapangan rumput, dan sisi jalan di daerah yang berhawa sejuk

Kandungan:
Tanaman Jombang ini memiliki rasa yang manis, bersifat dingin dan terasa sedikit ada rasa pahit. Jombang berkhasiat sebagai toksik pada liver dan darah.

Selain itu, banyak yang menyebut bahwa Jombang juga memiliki khasiat antibiotik, menghilangkan bengkak, menghancurkan berbagai sumbatan, anti-radang, peluruh kencing, membersihkan panas dan racun serta dapat meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh.

Sementara akar Jombang banyak digunakan untuk anti-toksik dan dapat membantu kinerja hati dan kandung empedu untuk mengeluarkan zat sisa-sisa metabolisme, dan juga merangsang ginjal untuk mengeluarkan racun. Jombang mengandung banyak zat aktif mulai dari kholine, inulin, pectin, koumestrol, dan juga asparagin.

Sedangkan pada bagian akarnya mengandung taraxicin, tarxasterol, stigmasterol, choline, pectin, inulin, kalsium, glukosa dan juga fruktosa. Pada bagian daunnya mengandung violaxanthine, tanin, kalium, natrium, kalsium, copper, choline, fosfor, silicon dan juga vitamin A, B1, B2, C dan vitamin D. Dan pada bagian bunganya mengandung arnidiol dan flavoxanthin.

Manfaat:
Jombang rasanya manis, sedikit pahit, sifatnya dingin. Herba ini masuk meridian hati (liver) dan lambung, serta berkhasiat tonik pada liver dan darah. Selain itu, juga berkhasiat antibiotik, antiradang; menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing (diuretik kuat), membersihkan panas dan racun, serta meningkatkan produksi empedu.

Akar sedikit pahit, berkhasiat antitoksik, peluruh kencing (diuretik), pereda panas (antipiretik), penguat lambung, meningkatkan nafsu makan (stomakik), melancarkan pengeluaran empedu ke usus (kolagoga), melancarkan pengeluaran AS1 (laktagoga), laksatif ringan, dan menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Akar lebih berkhasiat jika digunakan setelah tumbuhan berumur 2 tahun. Khasiat antitoksik akar jombang membantu mekanisme kerja hati dan kandung empedu untuk mengeluarkan sisa metabolisme serta merangsang ginjal mengeluarkan racun melalui air kemih. Selain itu, jombang berperan dalam proses pembuangan racun yang terbentuk pada infeksi dan polusi. Kandungan polisakarida dari tumbuhan jombang dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru manusia yang ditransplantasikan pada tikus dan menghambat perkembangan sarcoma. Herba jombang berkhasiat menghambat perkembangan Staphylococcus aureus, Streptococcus hemolyticus, dan Neisseria catarrhalis.

Ekstrak alkohol herba jombang berkhasiat melancarkan pengeluaran empedu ke usus (kolagoga) pada tikus. Melindungi kerusakan liver (hati) tikus yang diberi zat karsinogenik CCl4. Air rebusan jombang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengaktifkan makrofag, merangsang pembentukan limfosit, dan pembentukan antibodi. Daun jombang berkhasiat diuretik kuat. Namun, tidak menyebabkan kekurangan kalium karena tumbuhan ini mengandung cukup kalium

Akar jombang berkhasiat membersihkan hati, merangsang produksi cairan empedu, dan laksatif ringan

Baca Juga Artikel Tentang :