Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tidak ada komentar 40 views

Kumis Kucing – merupakan tanaman yang masuk kedalam golongan famili lamicaeae/labitatae, dan tanaman ini mudah sekali dijumpai di Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, tanaman yang satu ini dinilai memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan dan sering juga di pakai untuk mengobati beberapa macam penyakit.

kumis-kucing

Kumis Kucing ini berasal dari dataran Afrika yang selanjutnya tersebar ke dataran Asia serta Australia hingga saat ini penyebaran tanaman ini masih berlajut karena beberapa ilmuan juga banyak yang meneliti tentang tanaman ini

Ciri-ciri tanaman kumis kucing :

  • Bagian bawah berakar tunggang
  • Memiliki daun bundar / lonjong dengan panjang 1-10cm
  • Batang tanaman ini tegak
  • Memiliki tangkai bulat dan berwarna kehijauan
  • Daun pada batang selang seling
  • Tulang daun bercabang
  • Mahkota bunga berwarna putih dan putih keunguan
  • Benang sari mencuat seperti kumis yang dimiliki kucing
  • Panjang tangkai kira-kira 7-29cm
  • Warna biji muda putih kehitaman
  • Warna biji tua coklat kehitaman
  • Hidup ditanah yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air dan udara yang baik.
  • Memiliki kandungan minyak atsisi, sapofonis, sinensetin, zat samak, kalium dan mioinositol yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat daun Kumis Kucing :

1.Memperlancar Buang Air Kecil

Manfaat yang diberikan oleh daun kumis kucing adalah memperlancar keluarnya air kemih atau air seni akibat infeksi saluran kencing. Hal ini terjadi akibat bakteri yang dinamakan escherischia coli yang biasanya terdapat pada usus dan kotoran manusia.

Anda dapat mengobatinya dengan cara :

Mengambil 25gr daun kumis kucing segar lalu rebus dengan 2 gelas air putih dalam waktu 15 menit. Lalu minumlah air rebusan itu sehari 2x yaitu pada pagi dan sore hari setengah gelas.

2.Mengobati Rematik

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian dan otot serta urat2 manusia. Pengobatan untuk jenis penyakit ini biasanya untuk mengurangi rasa sakit, melancarkan persendian dan menghilangkan peradangan yang terjadi.

Reumatik ini belum diketahui dengan pasti apa saja penyebabnya, namun beberapa faktor yang dapat di klasifikasikan untuk penyakit ini adalah karena faktor genetik, infeksi dan perubahan hormon yang terjadi pada manusia.

Anda dapat menggunakan daun kumis kucing untuk mengobati reumatik ini yaitu dengan cara merebus 5 helai daun kumis kucing dan juga daun meniran dengan 3 gelas air putih hingga 10-15 menit. Dinginkan air rebusan tersebut dan anda dapat meminumnya sebanyak 3x sehari dengan komposisi setengah gelas untuk sekali minum.

3.Mengobati Batuk

Sering sekali penyakit ini menyerang anak-anak dan orang dewasa. Batuk sendiri terjadi akibat adanya debu, alergi atau kuman yang bersarang pada selaput lendir pada manusia. Jenis batuk sendiri terbagi menjadi beberapa jenis menurut gejalanya. Jenis obat untuk penyakit ini memang sudah banyak sekali dipasaran mulai dari obat-obatan kimia hingga obat herbal yang dapat anda beli dengan mudah dipasaran namun belum tentu akan langsung cocok.

Anda dapat menggunakan kumis kucing untuk mengobati batuk dengan cara mengambil 15-20 gr daun kumis kucing dan persiapkan segelas air bersih kemudian cuci bersih daun kumis kucing yang sudah anda sediakan. Selanjutnya rebus daun kumis kucing tersebut dengan air bersih yang tadi sudah dipersiapkan, minum air rebusan daun kumis kucing sebanyak 1 gelas dalam 3x sehari hingga batuk mereda.

4.Mengobati Masuk Angin

Penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh gas yang berada dalam tubuh berkumpul dengan tidak teratur. Penyakit ini juga muncul akibat kelelahan, kurang makan, tidur larut, kedinginan dan cuaca yang cukup ekstrim. Penyakit ini sangat umum di derita oleh manusia segala umur, namun biasanya masyarakat Indonesia mengobati penyakit ini dengan cara di kerok. Selain itu anda juga dapat menggunakan tanaman kumis kucing ini untuk mengobati masuk angin. Caranya dengan merebus daun kumis kucing sebanyak 10gr dan air rebusannya diminumkan sebanyak 2x sehari.

5.Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit persendian sama seperti penyakit reumatik yang menyerang urat dan syaraf otot yang mengakibatkan beberapa fungsi otot menjadi sulit digerakan. Asam urat ini terjadi karena terdapat penumpukan zat purin dalam tubuh. Efek dari asam urat ini akan membuat beberapa bagian tubuh terasa nyeri, bengkak dan bahkan dapat terjadi peradangan.

6.Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan sebuah masalah yang cukup umum dialami oleh perempuan. Gangguan dari penyakit ini disebabkan karena adanya bakteri, jamur serta parasit. Jenis keputihan ini dibagi menjadi dua yaitu Keputihan Fisiologis (terjadi karena efek setelah menstruasi) dan Keputihan Patologis (adanya infeksi)

7. Mengobati Diabetes

Diabetes ini disebabkan oleh penumpukkan kadar gula dalam darah sehingga pankreas tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh sehingga menyebabkan pembuluh darah tersendat.

8. Mengobati Sakit Pinggang

Penyakit yang satu ini memang sering kali menjadi sebuah penyakit umum yang terjadi pada masyarakat di Indonesia. Umumnya penyakit ini disebabkan karena aktivitas yang terlalu padat dan seringnya mengangkat beban-beban berat atau kesalahan posisi tubuh saat bergerak atau melakukan sesuatu.

Manfaat kumis kucing lainnya adalah mengobati penyakit hipertensi, Sipilis, Albuminuria, Radang Ginjal, Menghilangkan rasa gatal akibat alergi, Kencing batu dan Sembelit.