Manfaat Tanaman Lidah buaya Untuk Kesehatan

Lidah Buaya atau dikenal dengan nama latin Aloe Vera merupakan tanaman yang dikenal sebagai obat penyubur rambut, untuk perawatan kulit dan juga menyembuhkan luka. Tanaman ini mudah di jumoai di Indonesia yang beriklim tropis dan juga Afrika, serta negara lain yang memiliki kawasan kering.

Manfaat lidah buaya biasa digunakan secara tradisional. Namun seiring dengan perkembangan IPTEK, tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh industry kosmetik dan juga industry kesehatan untuk membuat berbagai macam produk.

Di India, selain banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik, lidah buaya bahkan di konsumsi sebagai makanan ringan yang dikonsumsi masyarakat setiap harinya. Sementara di negara maju seperti Australia, Amerika, dan Eropa, tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan makanan dan minuman untuk kesehatan.

Kandungan lidah buaya sendiri sangat banyak. Lidah buaya mengandung berbagai macam zat alam seperti asam amino, polisakarida, mineral, vitamin, enzim, serta komponen lainnya. Lidah buaya mengandung hampir semua jenis vitamin terkecuali vitamin D, saponin sebagai anti mikroba, asam folik dan masih banyak lainnya.

Dengan melihat kandungannya maka bisa diberikan beberapa contoh manfaat lidah buaya untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Membantu kelancaran sistem pencernaan
    Lidah buaya mampu mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti bakteri dalam usus, mulas, kurangnya daya serap dan detoksifikasi. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan pencernaan ini bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi jus lidah buaya.
  2. Mengekuarkan racun di dalam tubuh
    Lidah buaya mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang sangat berguna dalam proses detoksifikasi racun dalam tubuh dengan mengkonsumsi jus lidah buaya.
  3. Menjaga kesehatan jantung
    Nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya mampu melancarkan sirkulasi darah dan juga mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer. Dalam penelitian yang pernah dilakukan lidah buaya berguna dalam kesehatan jantung.
  4. Mengobati radang
    Lidah buaya memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang berguna dalam mengobati radang. Lebih tepatnya, mengkonsumsi lidah buaya mampu mengobati masalah nyeri sendiri dan kaku serta pembengkakan.
  5. Menyembuhkan luka
    Dengan membubuhkan gel lidah buaya pada luka maka akan meningkatkan kerja dari jaringan kulit sehingga dapat memperbaiki diri. Berbagai jenis luka yang bisa sembuh dengan menggunakan gel lidah buaya diantaranya luka teriris, luka bakar, dan luka akibat gigitan serangga.

Banyak orang yang tahu bahwa lidah buaya merupakan tanaman yang digunakan sebagai salah satu bahan alam untuk rambut termasuk melebatkan rambut, mencegah ketombe, dan lain sebagainya. Padahal banyak kandungan tanaman lidah buaya yang bisa juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti contoh diatas.

Tentunya masih banyak contoh lainnya terkait manfaat lidah buaya dalam bidang kesehatan.

Baca Juga :