Manfaat Tanaman Sembung Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak ada komentar 128 views

Tanaman sembung merupakan jenis tanaman yang memiliki nama ilmiah yaitu Blumean Balsamifera yang tumbuh subur secara liar di daerah kebun dan juga ladang. Tanaman ini biasa di temui di wilayah yang beriklim tropis dan jug subtropics, dan salah satunya di Asia Tenggara.

Para petani kerap memangkas sembung, karena di anggap dapat mengganggu tanaman lain yang di budidayakan. Tanaman ini biasa di gunakan untuk obat karena memiliki zat kimia seperti asam palmitin, minyak sirih,cineole dan borneol. Dan bagian-bagian pada sembung banyak di manfaatkan  untuk ha lain dan juga sebagai bahan untuk obat seperti akar, batang, dan daun.

Adapun penyakit-penyakit yang telah disembuhkan dengan bantuan tanaman ini cukup banyak dan bisa menyembuhkan penyakit seperti diare, nyeri hai dan lainnya secara tuntas dan aman. Itu mengapa sembung di nilai cukup efektif dalam mengobati penyakit dengan segera.

Setelah Anda mengetahui sekilas tentang tanaman sembung, maka selanjutnya Anda bisa mneyimak apa saja khasiat dari tanaman sembung pada kesehatan tubuh seperti berikut ini :

  • Mengobati Rematik
    Sembung merupakan nama semak yang daunnya umumnya di gunakan untuk obat tradisional. Tanaman sembung ini memiliki permukaan yang di tutui dengan bulu-bulu halus, dan apabila di konsumsi memiliki sifat lidah daun yang terasa pedas di lidahdan sedikit pahit rasa. Adapun penyakit yang umunya di sembuhkan oleh daun sembung ini yaitu untuk mengobati rematik, hal tersebut di karenakan sembung memiliki efek farmakologi seperti minyak atsiri yang secara ampuh di gunakan untuk anti rematik dan juga pembengkakan.
  • Mengobati Sakit Jantung
    Daun sembung juga memiliki khasiat lainnya seperti mengobati penyakit jantung secara ampuh, karena pada sembung terdapat kandungan flanavol yang memiliki peran seperti anti bakteri, anti trombotik dan zat inflamasi yang baik untuk menjaga dan juga mengobati gejala berbagai penyakit jantung
  • Melancarkan Peredaran Darah
    Daun sembung yang memiliki zat samak mmeiliki khasiat lain untuk melancarkan peredaran darah, mempermudah keluarnya keringat dan air seni, mengecerkan dahak pada tenggorokan dan juga berperan besar sebagai anti radang. Ini lah mengapa orang-orang dulu suka sekali menggunakan tanaman sembung untuk mengobati penyakit mereka.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat yang terkandung dalam tanaman sembung ini, maka selanjutnya akan di beritahukan cara meracik tanaman sembung untuk mengobati sakit jantung, seperti berikut ini :

Ambilah 3 helai daun sembung atau segenggam penuh pucuk daun sembung lalu cuci dan rebus bersama dengan 2 gelas air hingga tinggal setengahnya saja. Setelah masak,lalu dinginkan sementara, dan setelah agak dingin, segera minum dan rajinlah minum rebusan daun sembung ini selama seminggu atau lebih, dengan begitu, maka penyakit jantung bisa teratasi dengan cepat.

Baca Juga :