Manfaat Tanaman Tapak Kuda Sebagai Obat Tradisional

Tidak ada komentar 820 views

Tanaman Tapak Kuda merupakan tanaman yang sering kita temui di daerah pinggiran laut atau di daerah pantai pantai. Sesuai dengan namanya tanaman Tapak Kuda memang memiliki bentuk yang khas dan sangat mirip dengan Tapak Kuda. Biasanya tanaman Tapak Kuda ini sering dijadikan media bermain oleh anak anak nelayan di pinggir pantai dengan menjadikan tanaman Tapak Kuda sebagai kapal kapalan. Biasanya mereka menggunakan bagian bunganya. Sebenarnya tanaman Tapak Kuda ini merupakan tanaman yang tumbuh secara liar di pasir pantai dan juga bebatuan dan tumbuh menjalar ke atasnya. Kita bisa melihat ciri ciri yang jelas yakni memiliki batang dengan warna coklat, bentuk daun yang khas seperti tapak kuda, dan bunganya berbentuk mirip seperti terompet. Selain itu tanaman ini memiliki getah berwarna putih ketika Bundanya kita putuskan dari tanamnnya. Ternyata seluruh bagian dari tanaman Tapak Kuda ini bisa kita manfaatkan sebagai obat erbal dan obat tradisional yang cukup manjur.

Ada beberapa sifat dari tanaman Tapak Kuda yang sangat membantu untuk meredakan dan mengobati beberapa penyakit yang menyerang kita.

  1. Meredakan rasa nyeri dan sakit ketika haid
    Tanaman Tapak Kuda memiliki senyawa yang bersifat analgesic yang sangat membantu kita untuk meredakan rasa nyeri dan juga rasa sakit. Tentunya ini akan sangat berguna bagi anda para wanita yang mengidap kelainan haid yang sering kali membuat anda merasakan sakit yang sangat ekstrem
  2. Mencegah terbentuknya senyawa kanker
    Kandungan dari senyawa antioksidan di tanaman Tapak Kuda ternyata bisa membantu kita untuk mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh kita. Tentunya dengan begitu maka resiko terkena penyakit kanker yang berbahaya akan lebih berkurang.
  3. Mengurangi pegal pegal di persendian
    Jika anda mengkonsumsi tanaman Tapak Kuda ini, kandungan senyawa yang memiliki sifat anti rematik akan sangat berguna untuk mengurangi rasa pegal pegal pada persendian dan juga tubuh kita.
  4. Mengobati Disentri
    Tapak Kuda juga bisa dijadikan sebagai tanaman untuk membuat obat tradisiona dari penyakit disentri. Di India, Tanaman Tapak Kuda memang menjadi obat yang ampuh untuk permasalahan yang satu ini. selain itu Tanaman Tapak Kuda juga sering diolah menjadi minuman segar ionic yang berguna untuk mengurangi rasa dehidrasi kita

Begitu banyak manfaat yang ternyata bisa kita ambil dari tanaman Tapak Kuda jika kita olah lebih lanjut sebagai obat herbal dan obat tradisional. Memang tak salah orang orang dahulu juga sering menggunakan Tanaman Tapak Kuda sebagai bahan baku dari racikan ramuan obat tradisional yang begitu mujarab. Selain itu menggunakan obat alami tentunya lebih aman karena semua bahan yang terkandung bukan merupakan racun yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Baca Juga :