Manfaat Teh untuk Perawatan Tubuh

Manfaat Teh untuk Perawatan Tubuh

Cara Memanfaatkan Teh untuk Perawatan Tubuh

Manfaat Teh untuk Perawatan Tubuh – Minuman teh berasala dari tumbuhan teh yang memiliki nama latin Camellia sinensis. Cara membuat teh yaitu dari pucuk tanaman teh dan tangkai daun teh kemudian dikeringkan setelah itu ketika ingin membuat minuman teh tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Saat ini teh memiliki beberapa jenis yang biasa dijual dipasaran yaitu :
– Teh Hitam : Teh ini memiliki kandungan 40 mg kefein percangkir paling banyak dibandingkan jenis teh yang lain.
– Teh Hijau : Teh ini memiliki kandungan kafein paling sedikit hanya sekitar 25 mg saja
– Teh Herbal : Teh herbal bukan berasal dari tanaman teh, namun berasal dari tanaman rempah-rempah lainnya yang menggunakan bagian akar, daun, bunga dan biji.
– Teh Oolong : Mungkin kurang begitu sering terdengar namun di China teh ini sering dihidangkan, teh ini mengalami proses frementasi singkat sebelum dihidangkan.

Kandungan senyawa pada tanaman teh adalah katekin, yang merupakan salah satu senyawa anti oksidan tinggi. Katekin termasuk dalam senyawa polifenol. Jenis teh yang paling tinggi kandungan polifenolnya adalah teh hijau, kemudian teh oolong dan teh hitam.

Manfaat teh (senyawa katekin dalam teh) digunakan sebagai masker:

  • Menghaluskan kulit
  • Mengencangkan Kulit
  • Mencerahkan wajah
  • Mengatasi jerawat
  • Melembabkan wajah
  • Menghilangkan kerut diwajah
  • Mencegah penuaan kulit

Manfaat Air Teh Basi – Air teh basi maksudnya air teh yang dibuat dari sisa teh yang Anda minum lalu dibiarkan hingga semalaman, kemudian baru dipakai keesokan harinya. Manfaat teh basi untuk wajah adalah bila untuk digunakan mencuci muka, bisa membantu menghilangkan jerawat, mencerahkan muka, mengurangi keriput dan banyak lagi.

Manfaat Uap Air Teh – Tidak hanya air tehnya, tetapi uap air teh juga memiliki manfaat untuk perawatan wajah, sama dengan manfaat air hangat untuk wajah yaitu sebagai sarana penguapan kulit wajah untuk membersihkan pori – pori. Seduh teh dengan air mendidih secukupnya hingga keluar bau khas teh, lalu dekatkan wajah Anda ke atas uap airnya.

Jenis teh yang paling baik digunakan untuk perawatan wajah ini adalah teh hijau karena kandungan katekin atau polifenolnya yang paling tinggi diantara jenis teh lainnya sehingga lebih baik untuk kulit wajah. Perawatan dengan memanfaatkan teh ini sangat patut dicoba karena teh merupakan salah satu bahan alami yang relatif aman untuk digunakan.