Manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Sekarang ini banyak sudah mengetahui bahwa tumbuhan dan buah yang berwarna ungu sangat bagus untuk melawan kanker ataupun beberapa penyakit berat, salah satunya adalah ubi ungu. Ubi jalar mengandung kalori yang rendah, yaitu setiap 100 gr ubi jalar bersama kulit mengandung 90 kalori atau sama dengan 376 kJ. Ubi jalar juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten (provitamin A karotenoid), vitamin C, vitamin B6, mangan dan Kalium. Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun 1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi dalam hal sayuran. Berikut beberapa manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan :

1. Menurunkan Resiko Kanker

Ubi ungu mengandung antosianin yang sangat tinggi. Kadar antosianin ini sangat baik untuk membantu mengatasi menurunkan resiko kanker. Warna ungu yang didapatkan berupa pigmen warna seperti dalam buah blueberry sangat penting untuk mencegah kanker. Aktivitas antosianin tidak hanya untuk melawan radikal bebas tapi juga menurunkan potensi serangan bakteri dan kuman.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jika Anda rajin makan ubi ungu maka bisa mendapatkan manfaat berupa pencegahan terhadap penyakit jantung. Kandungan senyawa yang disebut antosianin sangat tinggi dalam ubi ungu. Dalam sebuah penelitian terbukti jika antosianin yang ditemukan ini sangat penting untuk menjaga aliran darah, mencegah pembekuan darah dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal inilah yang bisa membuat konsumsi ubi ungu memang penuh dengan khasiat.

Baik untuk penderita diabetes
Selain itu ubi jalar ungu juga terbukti sangat baik bagi penderita diabetes, karena jika anda mengkonsumsinya maka tidak akan membuat kadar gula darah manjadi naik. Oleh karena itu, makanan ini baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

3. Anti bakteri
Ubi jalar ungu juga sangat berkhasit sebagai anti bakteri yang melindungi tubuh dari kuman dan penyakit. Dengan anda mengkonsumsinya maka, kandungan anti bakteri didalamnya akan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit kuman ataupun penyakit.

4. Melancarkan peredaran darah

Yang berperan dalam melancarkan peredaran darah di tubuh adalah pigmen warna ungu yang terkandung di dalam ubi ungu tersebut. Pigmen warna ungu yang memberi warna pada daging ubi ungu dinamakan dengan antosianin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

5. Mengatasi Asma

Penyakit asma memang tak bisa disembuhkan total, akan tetapi kita dapat mencegah asam yang sering kambuh dengan rutin mengkonsumsi ubi ungu. Asma terjadi karena organ paru yang susah mengembang. Dengan makan ubi ungu secara teratur, maka asma tidak akan sering kambuh lagi.

7. Membuat pencernaan jadi lancar

Apakah kandungan dalam ubi ungu yang dapat melancarkan pencernaan? Jawabannya adalah adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, bahkan sampai kanker.

Mungkin Anda Menyukai