Mengenal Bunga Dari Tanaman Wijaya Kusuma

Epiphyllum angulier sejenis tanaman kaktus yang di Indonesia biasa dikenal dengan tanaman wijayakusuma. Asal tanaman ini sebenarnya bukanlah dari Indonesia melainkan Amerika Selatan seperti Venezuela.

Anggapan yang sering disebut bahwa bunga ini merupakan peninggalan yang ditemukan oleh nenek moyang kita Banyak yang menganggap tanaman ini punya mitos dan mistis di baliknya. Terutama terletak pada bunganya.

Sebab penelitian menunjukan bahwa bunga dari tanaman wijaya kusuma ini mekar ketika waktu malam hari. Barang siapa yang bisa melihat mekarnya bunga ini akan memperoleh rizeki yang melimpah. Tanaman yang hanya dapat hidup di daerah sedang atau torpid ini bisa tumbuh di daerah padang pasir. Memang tanaman ini tidak bisa asal atau dengan mudah berbunga.

Karena memang tergantung dari kondisi tanah tempat kusuma wijaya tumbuh. Untuk lebih mengenal tanaman ini berikut beberapa hal yang bekaitan dengan tanaman kusuma wijaya.

Ciri dari bunga kusuma wijaya

  • Tanaman ini bentuk dari daun dan batangnya sangat telihat jelas ketika masa umurnya sudah lama. Daunnya merupakan bentuk helaian yang keras dan pipih dengan permukaan berwarna hijau. Terdapat lekukan dalam setiap daunnya. Sangat mirip dengan tanaman kaktus lainnya. Sedangkan bunganya sendiri berwarna putih dan juga merah

Manfaat bungan kusuma wijaya

  • Banyak khasiat atau manfaat yang dapat diberikan dari tanaman yang satu ini. Kandungan di dalamnya ternyata mampu membantu dalam proses pembekuan darah. Meskipun belum ada secara resmi penelitian yang memberikan penjabaran tentang kadungan kimia yang terdapat dalam wijaya kusuma. Secara lebih detainya berikut manfaatnya:
  • Khasiat yang paling terlihat dari bunga wijaya kusuma adalah mampu menyembuhkan luka. Meskipun yang digunakan adalah bagian daun dari tanaman ini. langkahnya sangat sederhana, hanya menghaluskan daunnya. Kemudian dari daun yang halus itu dibalut dan ditempelkan pada bagian luka yang sedang dialami. Luka seperti bisul dan sejenisnya bisa dilakukan dengan mengunakan daun tanaman wijaya kusuma.
  • Selain itu, untuk bagian bunganya ternyata bisa digunakan untuk mengatasi radang, atau batuk dan tuberkulosis paru paru. Anda bisa menemukan dalam literatur lain berkaitan dengan manfaat yang terdapat dalam bunga kusuma wijaya.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan tanaman wijaya kusuma. Mayoritas masyarakat tidak mengetahui ini karena menganggap ini hanyalah tanaman hias biasa. Karena memang tidak mudah dalam membedakan tanaman wijaya kusuma dengan tanaman kaktus pada umumnya. Masyarakat lebih mengenal tanaman ini sebagai tanaman dengan kandungan unsur mistik di dalamnya. Coba perhatikan bagaimana bentuk dari tanaman kaktus yang berada di sekitar anda. Cocokkan dengan berbagai ciri yang telah dijelaskan tadi. Siapa tahu tanaman kaktus anda merupakan tanaman wijaya kusuma dengan berbagai manfaat terkandung.

Baca Juga :