Mengenal Manfaat Dari Tanaman Semanggi Gunung

Daun semanggi gunung merupakan jenis tanaman yang berasal dari keluarga Umbelliferae yang juga memiliki nama latin Hydrrocotyle sibthorpioides Lam. Adapun tanaman ini identik dengan rasa sejuk, manis dan sedikit pedas di karenakan adanya kandungan zat hyperin dan juga caumarin didalam semanggi daun ini.

Biasanya, daun ini di budidayakan di daerah yang terbuka dan sedikit lembab dengan cara di tanam bijinya melalui proses setek. Dan selain itu, daun ini juga dapa menghilangkan bengkak dan melancarkan air seni, menetralisir racun dan melancarkan dahak serta bermanfaat untuk mengobati penyakit kuning dan juga penyempitan hati di karenakan adanya sifat anti inflamasi. Oleh karena itu, tanaman ini sering di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit tertentu.

Setelah mengetahui tanaman herbal semanggi gunung, maka selanjutnya akan di bahas mengenai manfaat yang diberikan oleh tanaman semanggi gunung bagi kesehatan tubuh kita :

  • Mengobati Pengecilan Hati
    Tanaman semanggi gunung memiliki banyak manfaat penting didalamnya, khususnya bagi kesehatan dan salah satu pengobatan yang cukup ampuh dengan tanaman ini yaitu pengecilan hati. Hal tersebut di karenakan dalam tanaman ini memiliki kandungan anti biotik dan anti inflamasi yang secara efektif dapat menyembuhkan pengecilan hati.
  • Menetralkan Racun
    Seringkali kita menyimak berita mengenai kasus keracunan akibat makanan atau hal-hal yang berkaitan dengan racun. Untuk menangani hal tersebut bisa di lakukan dengan menggunakan tanaman semanggi gunung, karena kandungan coumarin pada semanggi gunung memiliki zat anti biotik dan secara efektif dapat menetralkan racun pada tubuh.
  • Melancarkan Batuk Dahak
    Selain dari menetralkan racun dan juga pengecilan hati, manfaat daun semanggi gunung ini juga efektif dalam melancarkan batuk dahak. Ini di karenakan pada tanaman semanggi gunung memiliki kandungan hyperin yang secara efektif mampu melancarkan battuk dahan pada tenggorokan sekaligus melegakan tenggorokan. Tanaman ini seringkali di jadikan sebagai obat batuk dahak yang cukup ampuh.
  • Menurunkan Panas
    Tanaman semanggi gunung juga secara efektif dapat di gunakan untuk menurunkan panas, sefek panas dan sejuk dari adanya kandungan coumarin dan hyperin ini bisa mengatasi sakit demam secara cepat dan aman. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang sedang sakit demam dan panas tinggi untuk segera memberikan racikan dari tanaman semanggi gunung.

Setelah mengetahui manfaat dari tanaman semanggi  gunung yang telah diberikan, berikut cara memanfaatkan semanggi gunung untuk pengobatan :

  • Untuk Pengecilan Hati
    Gunakan semanggi gunung yang masih segar sekitar 50 gram, cuci hingga bersih dan rebus ramuan tersebut dengan air sebanyak 3 gelas dan berkurang hingga 1 gelas, setelah dingin minum ramuan tersebut.
  • Untuk Infeksi Saluran Kencing
    Gunakan daun semanggi gunung sebanyak 50 gram dan sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan berkurang hingga setengahnya, minum ramuan tersebut.

Baca Juga :