Mengenal Tanaman Daun Sirih Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Sirih merupakan tanaman merambat asli dari Indonesia yang umumnya di kunyah bersama kapur dan juga buah pinang, atau yang masyarakat sering sebut yaitu nyirih. Akan tetapi, tentunya setiap daerah memiliki nama sebutan yang berbeda-beda, seperti di Jawa misalnya di sebut dengan nama Nginang. Adapun masyarakat mengunyah daun sirih bukan tanpa alasan yang jelas.

Di dalam dunia medis, dengan mengunyah daun sirih maka dapat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya kanker mulut, adanya gigi berlubang, sariawan dan efektif dalam menghilangkan bau mulut. Tak hanya itu saja, manfaat daun dari tanaman daun sirih juga luar biasa bagi pengobatan dan kesehatan, yang tentunya mampu mengobati  beberapa jenis penyakit dengan mudah dan cepat.

Dalam memanfaatkan tanaman daun sirih sebagai obat, berikut manfaat daun sirih yang di gunakan sebagai beberapa jenis penyakit :

  • Sebagai Obat Antiseptik
    Masyarakat pada jaman dulu sering menggunakan daun sirih untuk mengobati infeksi pada luka. Dan setelah di teliti, daun sirih merah memiliki  kandungan antiseptic yang cukup tinggi yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi.Tak hanya itu, sifat antisepticnya juga dapat membunuh kuman di area tangan, sehingga Anda bisa  menggunakan daun ini untuk cuci tangan sebelum makan.
  • Menghambat Karies Gigi
    Penyakit karies menjadi salah satu momok kesehatan yang paling umum di Indonesia. Dan adapun salah satu jenis bakteri yang mengakibatkan masalah pada kesehatan gigi ini yaitu Streptococcus mutans. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri, senyawa fenolik dan alkanoid yang bersifar aktif dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan karies gigi datang. Inilah yang menjadi alasan kenapa gigi orang jaman dulu sangat kuat dan idak mudah sakit.
  • Menghilangkan Bau Ketiak
    Bau pada ketiak dapat di sebabkan karena adanya bakteri yang terperangkap oleh keringat. Untuk membunuh bakteri yang ada pada ketiak, maka menggunakan daun sirih adalah hal yang paling tepat, karena daun sirih merah memiliki kandungan yang kaya akan antibakteria dan membuhun bakteri ketiak secara efektif. Inilah mengapa daun sirih sering dijadikan untuk menghilangkan bau ketiak oleh beberapa orang.
  • Mengatasi Mimisan
    Daun sirih berwarna hijau dapat dimanfaatkan untuk menghambat keluarnya darah dari dalam hidung. Tak hanya itu saja, bahkan kandungan antiseptic pada daun sirih secara efektif  dapat mencegah infeksi lebih lanjut akibat dari mimisan.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam tanaman daun sirih dan kegunaannya untuk pengobatan. Adapun penggunaan tanaman sirih ini tak boleh sembarangan di gunakan dan ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu pada dokter untuk memastikan bahwa tanaman ini aman untuk di gunakan.Dengan menggunakan daun sirih ini maka tak hanya mengobati kesehatan saja tetapi juga dapat mencegah datangnya penyakit.

Baca Juga :