Mengenal Tanaman Sosor Bebek dan Khasiatnya

Tidak ada komentar 193 views

Sosor bebek atau dalam nama ilmiahnya di sebut Kalanchoe Pinnata merupakan jenis tanaman herbal musiman yang memiliki karakter batang dengan bentuk segi empat, beruas, lunak dan berwarna hijau. Sosor bebek seringkali di abaikan sebagai tanaman obat yang cukup ampuh untuk mengobati beberapa jenis penyakit, dan biasanya hanya di jadikan sebagai tanaman hias saja dibandingkan sebagai tanaman obat, walaupun daun sosor bebek ini bisa di gunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Tanaman sosor bebek ini kerap tumbuh liar di kebun dan juga tepi selokan atau tebing yang berbatu. Selain itu tanaman ini juga mudah untuk tumbuh. Tunas pada daun yang di tanam sedemikian rupa akan muncul tunas baru serta akar baru dari pangkal daun. Akar dan tunas ini yang nantinya akan dijadikan tanaman sosor bebek yang baru.

Sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, ada beberapa manfaat tanaman sosor bebek ini yang menjadi alasan mengapa sosor bebek bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit. Dan manfaatnya antara lain :

  • Mengobati Sakit Gigi
    Tanaman Sosor bebek memiliki kandungan Glucoside yang dapat berguna untuk mengobat sakit gigi. Biasanya untuk memanfaatkannya hanya dengan cukup menempelkannya pada pipi gigi yang sakit
  • Mengobati Asma
    Kandungan vitamin C dan asam lemon pada Sosor bebek mampu mengobati penyakit asma, dan  selain untuk mengobati asma, sosor bebek juga bisa mencegah datangnya asma.
  • Mengobati Keseleo
    Selain untuk mengibati penyakit dalam, tanaman ini juga bisa di manfaatkan untuk mengobati keseleo. Ini di karenakan tanaman sosor bebek memiliki karakter farmakologi yang mampu sebagai anti peradangan, mengurangi pembengkakan, mempercepat penyembuhan luka memar serta menghentikan pendarahan secara cepat

Penting untuk Anda ingat, yaitu :

  • Kelebihan dosis pada pemakaian tanaman sosor bebek bisa beresiko pusing dan mengalami muntah-muntah.
  • Apabila di konsumsi oleh wanita yang sedang hamil, maka akan mengakibatkan kematian pada janin
  • Dilarang konsumsi herbal dari sosor bebek untuk pasien yang bermasalah dengan pencernaan.
  • Untuk kulit yang gampang alergi, sebaiknya waspada pemakaian herbal ini karena akan mengakibatkan tangan menjadi gatal dan melepuh.
  • Hal tersebut merupakan hal yang penting untuk di ingat ketika menggunakan herbal dari tanaman sosor bebek, Dan untuk cara menggunakannya, antara lain :

Mengobati Sakit Gigi

Caranya :

Lumatkan 5 helai daun sosor bebek, dan tempelkan daun tersebut pada pipi yang sedang sakit.

Mengobati Keseleo

Caranya :

Lumatkan 10 helai daun sosor bebek dan tempelkan pada bagian tubuh yang keseleo, dan diamkan selama 30 menit.

Itulah beberapa manfaat dan cara penggunaan tanaman sosor bebek yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit Anda seperti diatas.

Baca Juga :