Mengenal Tanaman Srikaya dan Manfaatnya

Mendengar tanaman Srikaya, tentu kebanyakan dari kita mendengarnya akan tertuju atau akan teringat pada sebuah buah-buahan. Ya, srikaya merupakan salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin di sebut dengan Annona Squamosa atau buah srikaya yang dalam sehari-hari di sebut dengan buah nona atau buah mona. Srikaya ini merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daerah tropis dan apabila kita dalam klasifikasi ilmiah, maka srikaya ini juga merupakan buah yang termasuk dalam golongan genus Annona. Srikaya memiliki bentuk yang sangat khas apabila di bandingkan dengan buah lain pada umumnya. Memiliki rasa yang manis merupakan salah satu alasan mengapa buah ini begitu banyak di sukai orang dan menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.

Selain tanaman srikaya memiliki rasa yang manis pada buahnya, nyatanya srikaya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Adapun manfaat yang di berikan oleh srikaya antara lain :

  • Menurunkan Kadar Kolesterol
    Srikaya memiliki cukup banyak kandungan niasin, yang membuat srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol untuk penderita kolesterol. Dengan rajin mengkonsumsi buah ini, maka akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol berlebih dalam tubuh manusia.
  • Baik Untuk Pencernaan
    Buah ini juga sangat baik untuk pencernaan. Srikaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Dan kandungan tersebut membuat srikaya sangat baik untuk di konsumsi untuk penderita konstipasi, sebab serat tersebut akan mampu untuk memperlanjar pencernaan perut.
  • Srikaya Baik Untuk Penderita Diabetes
    Buah srikaya juga cocok di konsumsi oleh penderita diabetes meskipun memiliki rasa manis,namun ini tidak membahayakan pederita diabetes. Selain untuk memperlancar pencernaan, kandungan serat yang ada pada srikaya mampu memperlambat naiknya penyerapan gula darah apda tubuh manusia, sehingga dapat mencegah adanya penyakit diabetes yang menyerang tubuh.
  • Srikaya Sebagai Obat Diare
    Buah srikaya yang masih belum tua di nilai mampu untuk mengobati diare. Karena kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan penyakit diare.
  • Srikaya Mencegah Penyakit Asma
    Memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah srikaya, maka buah ini sangatlah tepat untuk di konsumsi dan dapat mencegah datangnya penyakit asma. Hal ini juga dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang cukup tinggi.

Srikaya tak hanya buah yang bisa di konsumsi saja, namun juga banyak manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh selain dengan mengkonsumsinya. Ada banyak kandungan-kandungan tertentu lainnya yang bisa di manfaatkan dalam tanaman srikaya, baik itu dari akar, kulit pohon, biji, daun serta buahnya, yang dimana dalam tanaman srikaya tersebut terdapat kandungan protein, zat besi, kalsium dan berbagai jenis vitamin lainnya dan senyawa lainnya.

Baca juga :