Obat Tradisional Ampuh Yakni Bayam Duri

Bayam duri atau dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Amaranthus Spinousus merupakan sebuah tanaman termasuk dalam keluarga amaranth. Tumbuhan ini memiliki batang yang lunak dan basah, tingginya biasanya dapat mencapai angka 1 meter.

Tentunya sesuai dengan namanya bayam duri, tanaman ini memiliki tanda khas yang dapat dikenal oleh banyak orang yakni adanya duri dibagian pangkal tangkai daun di pohon batang. Biasanya bentuk daunnya menyerupai belah ketupat, dan berwarna hijau segar.

Bayam duri sendiri sebenarnya memiliki berbagai macam nama daerah yang berbeda beda seperti bayem raja, bayem roda, bayem eri, senggang cucuk, ternyak duri, podo maduri dan lain lain. Bayem duri sejak dahulu kala memang sipercaya memiliki banyak khasiat yang berguna bagi banyak orang.

Tentunya oleh karena itu, bayam duri tak jarang dijadikan sebagai obat tradisional yang ampuh untuk mengobati beberapa macam penyakit. Kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya ternyata memang dapat membantu banyak hal terutama dalam segi kesehatan.

  1. Obat untuk disentri
    Kandungan dalam senyawa bayam duri ternyata sangat ampuh untuk membasmi bakteri yang menyebabkan penyakit disentri. Biasanya bayam duri ini diacik oleh orang daulu menjadi minuman untuk mengobati sakit karena disentri
  2. Radang saluran pernafasan
    Tahukah anda ternyata daun baam duri ini mengandung senyawa anti inflamasi yang cukup tinggi ? kandungan anti inflamasi sendiri mampu mengobati penyakit penyakit yang menyebabkan peradangan seperti contohnya yakni radang saluran pernafasan. Dengan minuman dari bayam duri, masalah peradangan dalam tubuh mudah disembuhkan
  3. Obat yang baik untuk bisul
    Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa bayam duri mengandung senyawa anti inflamasi yang baik untuk mengobati peradangan. Jika digunakan sebagai obat luar ternyata bayam duri juga ampuh untuk cepat menghilangkan bisul pada anda
  4. Obat untuk anyang anyangan
    Anyang anyangan merupakan penyakit akibat tidak lancarnya saluran pada kantung kemih. Kandungan senyawa pada daun bayam duri juga menjadi obat yang ampuh untuk meluruhkan saluran kemih sehingga bisa menjadi obat penyakit anyang anyangan yang ampuh

Sebenarnya daun bayam duri ini merupakan obat tradisional yang sering digunakan oleh nenek moyang kita. Tentunya sekarang ini juga sudah dibuktikan dengan teknologi yang maju mengenai kandungan apa saja yang ada di bayam duri. Bayam duri ini sendiri memang mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan juga bebepara mineral seperti rutin, zat besi, garam fosfat, kaloum nitrat yang bisa sebagai sumber gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Tentunya selain menjadi sumber gizi juga menjadi obat yang ampuh untuk mengobati beberapa macam penyakit yang sering mengidap tubuh manusia.

Baca Juga :