Obat Wasir Daun Ungu

Daun Ungu (Graptophyllum pictum) – Tanaman perdu yang memiliki warna daun ungu banyak kita jumpai di pekarangan rumah atau taman bahkan menjadi tumbuhan liar ternyata banyak manfaatnya langsung tertuju pada wasir atau ambeien. Famili Acanthaceae efektif mengobati penyakit akibat membengkaknya bibir anus. Daun ungu juga berkhasiat anti-inflamasi, antiplak gigi, dan mencegah sakit ketika menopause. Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Wasir bisa disebabkan karena kurang mengkonsumsi serat. Ini mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan.

Ciri-ciri :
Batang : batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segi tiga tumpul.
Daun : mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadap- hadapan
Bunga : bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua

Penyebaran :
Tanaman daun ungu diketahui berasal dari Papua New Guinea dan kepulauan Polinesia. Daun Ungu (Graptophyllum pictum) termasuk tumbuhan perdu, biasanya tumbuh liar dipedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut.

Kandungan Senyawa :
Senyawa steroid, alkaloid, tanin, glikosida, saponin, tanin, klorofil, kalsium oksalat, asam formik dan lemak. Di dalam daun ungu terdapat kandungan anti-hemorrhoid dan pektin.

Manfaat :
Manfaat daun ungu sebagai Obat ambeien didapatkan dari kandungannya seperti senyawa steroid, alkaloid, tanin, glikosida, saponin, tanin, klorofil, kalsium oksalat, asam formik dan lemak.

Manfaat daun ungu sebagai Obat ambeien bahkan telah diteliti oleh Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Beliau menyebutkan bahwa di dalam daun ungu terdapat kandungan anti-hemorrhoid. Kandungan anti-hemorrhoid ini memiliki khasiat nyata dalam proses pengobatan penyakit ambeien secara alami.

Para peneliti dari beberapa universitas kenamaan di Indonesia juga sepakat dengan Prof. Sardjono, bahwa Daun Ungu memang berkhasiat. Tidak hanya berkhasiat meredakan ambeien tapi juga sebagai pereda nyeri (analgesik / antiinflamasi) dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri (Streptococcus) serta jamur.

Penelitian juga dilakukan oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidgo, Apt, guru besar farmasi Universitas Indonesia, beliau menjelaskan daun ungu memiliki khasiat untuk mengatasi ambeien karena mengandung pektin.

Pektin ini dapat mengembangkan saluran cerna sehingga memudahkan defekasi (proses pengeluaran zat sisa/pengosongan usus dan mengeluarkan feses atau proses saat buang air besar), serta tidak menimbulkan luka atau peradangan.

Baca Juga Artikel Tentang :