Penggunaan Tanaman Nona Makan Sirih Dalam Kesehatan

Tidak ada komentar 659 views

Nona makan sirih bagi anda yang pertama kali mendengarnya mungkin kelihatan menjadi nama yang begitu unik. Membuat anda betanya tanya sebenarnya nama apakah gerangan. Bagi anda pecinta tanaman hias dan obat herbal jelas ini bukan merupakan nama yang asing.

Nona makan sirih adalah nama sebuah bunga atau tanaman yang memiliki nama latin Clerodendrom thomsonae Balf F. Terdapat efek farmakologis di dalam kandungan tanaman nona makan sirih. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan farmakologis, ini adalah istilah kimia yang mana mampu membuat rasa panas dan racun menjadi hilang, Ketika bunga ini dimanfaatkan sebagai bahan herbal mengobato penyakit biasanya yang digunakan adalah bagian daunnya.

Bunganya memiliki tampilan yang begitu indah seperti namanya bukan. Abaikan mengenai nama yang unik itu dan juga bunganya yang sering digunakan sebagai tanaman hias. Kali ini lebih baik kita membahas mengenai khasiat dan juga manfaat yang terdapat di dalam tanaman yang satu ini.

Banyak penyakit yang dapat disembuhkan mengunakan tanaman nona makan sirih ini. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan disertai dengan cara dalam mengunakan nona makan sirih sebagai bahan herbal utamanya.

  • Radang Selatut Gendang Telinga

Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa maupun anak anak. Tetapi tumbuhan nona makan sirih ini lebih berkhasiat dalam mengatasi penyakit tersebut pada anak anak. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal mengambil bagian daun dari tanaman nona makan sirih kemdian cuci dengan bersih menggunakan air. Usahakan memilih daun yag masih segar. Lalu rebus dengan menggunakan air kurang lebih tiga gelas. Rebus selama 15 menit. Kemudian usai direbus, diamkan hingga dingin dan saring untuk anda ambil air rebusannya. Minum air yang rebusan yang sudah di saring tadi. Paling tidak untuk hasil yang maksimal anda bisa meminumnya dua kali dalam satuhari hanya setengah gelas saja.

  • Kencing Batu

Selain radang tadi ternyata tanaman bunga nona makan sirih juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi kencing batu dan juga mencegahnya atau melancarkan buang air kecil. Cara yang dapat anda lakukan dalam mengunakannya sebenarnya hampir sama. Prosesnya anda mencari daun nona makan sirih yang masih segar. Rebus dengan menggunakan air 3 gelas dalam waktu yang tidak lebih dari 15 menit. Angkat rebusan tadi kemudian anda saring dan sisihkan ampas atau daun dari arinya. Setelah anda lakukan jangan langsung diminum, tunggu terlebih dahulu hingga dingin. Kemudian bagi menjadi dua bagian yang sama rata. Minumlah hasil rebusan tadi yang telah dibagi ketika waktu pagi hari dan juga sore hari.

Demikian tadi beberapa langkah dalam menggunakan tanaman nona makan sirih dalam mengatasi berbagai penyakit. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :