Pengobatan Tradisional dengan Menggunakan Lengkuas

Tidak ada komentar 307 views

Lengkuas atau dalam bahasa Jawa disebut Laos atau kelawas merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang mudah hidup baik di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Biasanya tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur karena lengkuas merupakan rempah-rempah yang membuat masakan sedap.

Namun ternyata tumbuhan ini juga dimanfaatkan sebagai obat. Dalam pengobatan lengkuas merah sering dimanfaatkan. Lebih tepatnya yang banyak dimanfaatkan dari tumbuhan lengkuas adalah rimpangnya. Tanaman lengkuas merah dan lengkuas putih memiliki perbedaan ukuran rimpang.

Rimpang lengkuas merah memiliki rimpang yang lebih besar dibandingkan dengan rimpang dari lengkuas putih. Khasiatnya juga lebih banyak rimpang lengkuas merah sehingga lengkuas merah lebih banyak dimanfaatkan sebagai obat. Lengkuas merah ini sangat terkenal dan banyak yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional. Hal ini karena lengkuas memiliki sifat anti kembung dan anti jamur.

Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan dengan menggunakan lengkuas. Beberapa penyakit yang bisa diobati secara tradisional dengan menggunakan tanaman lengkuas diantaranya:

  1. Mengobati penyakit kulit
    Dengan menumbuk lengkuas dengan bawang putih bisa digunakan untuk mengobati kurap yang merupakan salah satu penyakit kulit. Sedangkan untuk mengobati panu bisa dilakukan dengan mecacah serat lengkuas dan menambahkan cuka.
  2. Mengobati batuk
    Batuk rejan bisa diobati dengan menggunakan lengkuas. Sensasi hangat yang diberikan oleh lengkuas mampu digunakan untuk mengobati batuk, juga kandungan nutrisinya. Cukup dengan meminum sari lengkuas untuk mengobati batuk.
  3. Mengobati anemia
    Selain lengkuas merah, lengkuas putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satunya adalah anemia. Dengan merebus lengkuas dan gula bisa mengobati anemia saat kambuh.
  4. Mengobati Bronkitis
    Lengkuas juga bermanfaat dalam mengobati penyakit gangguan paru-paru seperti bronchitis. Caranya dengan meminum sari lengkuas dengan madu dan air.
  5. Mengobati diare
    Diare bisa diobati dengan mudah menggunakan obat tradisional lengkuas. Cara mudah untuk mengobatinya adalah dengan meminum sari lengkuas yang ditambahkan madu dan air putih
  6. Sebagai obat tetes
    Lengkuas bisa digunakan sebagai obat tetes yang mengobati masalah-masalah pada telinga. Sari lengkuas bisa di teteskan ke telinga untuk mengobati penyakit yang mengganggu telinga.
  7. Demam dan pembengkakan limpa
    Jika mengalami demam disertai dengan pembengkakan limpa, maka bisa diobati dengan menggunakan lengkuas. Cara mengobatinya yakni dengan meminum campuran sari lengkuas dan garam.
  8. Mengobati encok
    Penyakit sendi seperti encok bisa diobati dengan lengkuas. Rimpang lengkuas yang baru bisa di patut dan ditambahkan gula selanjutnya di panaskan. Jika sudah mendidih kemudian didinginkan dan bisa dikonsumsi untuk mengurangi penyakit encok.

Lengkuas banyak yang mengartikan sebagai rempah-rempah yang hanya digunakan untuk masakan. Namun dengan melihat banyak manfaatnya diatas tentunya bisa disimpulkan bahwa lengkuas juga dapat diandalkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Baca Juga :