Pentingnya Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Wortel merupakan jenis sayuran yang sering dan sudah biasa dikenal di masyarakat. Digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung banyak gizi. Di sisi lain masih banyak orang yang enggan memakan sayuran yang berwarna orange ini.

Bisa karena mungkin rasanya atau olahan bahan ini yang tidak menggugah selera. Sebelum mengenal manfaat bagi kesehatan tubuh. Lebih baik kita lebih mengenal bahan makanan yang satu ini. Daucus Carota merupakan nama ilmiah dari wortel. Sayuran yang termasuk pada jenis umbi ini memiliki rasa yang sedikit manis dan crunchy. Hampir di banyak negara  di dunia mudah sekali ditemui yang namanya wortel. Meski demikian di tiap negara ada jenis dan ciri wortel yang berbeda beda.

Wortel merupakan sayuran yang sangat banyak menghasilkan vitamin A, selain itu di dalamnya ada kandungan nutrisi dengan jumlah yang sangat banyak. Bahkan bisa dikatakan mampu mengakomodir jumlah nurisi tubuh yang dibutuhkan setiap harinya. Ini yang dapat dikatakan bahwa wortel sangat penting bagi tuguh kita. Apalagi bila mana dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Ketika dikonsumsi mentah, tidak hanya vitamin A yang bisa anda dapatkan tetapi nutrisi yang lainnya pula. Manfaat yang bisa anda peroleh diantaranya:

  • Wortel sejak dulu sudah dikenal sebagai sayuran yang dapat menyehatkan mata. Ketika anda mengkonsumsinya maka anda akan mendapatkan vitamin A yang mampu meningkatkan penglihatan mata anda. Selain itu, ternyata kandungan beta karotene menjadi salah satu faktor yang dapat menghindarkan anda dari penyakit rabun jauh ataupun katarak.
  • Banyak penelitian yang mengatakan bahwa wortel mampu mencegah terjadinya kanker. Sebab wortel dari beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan azan anti kanker.
  • Memperlambat penuaan yang terjadi kepada anda. anti oksidan yang dihasilkan wortel melalui beta carotene bisa menghilangkan sel mati dalam metaboliseme tubuh anda.
  • Kulit juga akan terasa lebih sehat dengan mengkonsumsi wortel. Sebab berbagai masalah kulit kebanyakan terjadi akibat dari kurangnya vitamin A dan anti oksidan dalam tubuh. Kandungan keduanya pada wortel terbilang sangat tinggi.
  • Wortel juga dapat mencegah penyakit jantung, sebab bahan makanan ini mengandung caretonoids yang mengurangi terjadinya resiko gejala jantung.
  • Jika anda memiliki kolesterol tinggi, ternyata wortel bisa mengatasi dan menurunkan kolesterol. Serat yang di dalam wortel memegang peran penting dalam hal ini.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat dan kegunaan wortel dalam kesehatan tubuh kita. Ternyata wortel memiliki banyak kelebihan. Bagi sebagian orang yang berpendapat bahwa wortel ini merupakan makanan yang tidak enak harus segera ditepis. Mengingat berbagai macam kaitanya dengan kesehatan tubuh kita sangat membutuhkan peran dari apa yang terkandung di dalam wortel.

Baca Juga :