Tanaman Adem Ati, Khasiat dan Manfaatnya

Tanaman Adem Ati, Khasiat dan Manfaatnya

Tanaman adem ati, sering kita jumpai disekitar kita. Orang Jawa biasanya menyebutnya tanaman adem ati, kapu ketek, nyampu wingka atau wuru beling. Orang Sunda menyebutnya huru batu, huru beusai, huru tangkalak, dan madang kapas. Tanaman ini sering kita jumpai di pinggiran hutan, tepi sungai, rawa, dan lain-lain. Mempunyai nama latin Litsea glutinosa (Lour) C.D Robins, tanaman ini konon berasal dari India.

Penyebaran tanaman adem ati :

Tanaman adem ati dapat ditemukan pada daerah pinggiran hutan, hutan, tepi sungai, rawa, dan lain-lain. Nama latin tanaman adem ati ialah Litsea glutinosa (Lour) C.D Robins. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman adem ati mempunyai nama  soft bollygum, bolly beech, Bollywood, bollygum, brown bollygum, brown Bollywood, sycamore dan brown beech. Menurut sejarah tanaman adem ati ini berasal dari India. Persebaran tanaman adem ati di India, China selatan, Malaysia, Indonesia, Philipina, Australia, dan pulau-pulau Pasifik barat.

Ciri-ciri

Tanaman adem ati merupan tanaman berkayu/pohon, tinggi dapat mencapai 10 meter. Batang berkayu dan bercabang-cabang. Daun tunggal, bentuk elips, warna hijau, dan berbulu halus. Perbungaan bentuk malai, mahkota bunga berwarna putih kekuningan. Buah bulat, buah muda berwarna hijau, setelah tua berwarna hitam. Akar tunggang warna cokelat muda. Bagian yang digunakan Akar, kulit kayu, dan daun. Tanaman Adem ati termasuk dalam keluarga tanaman kanfer-kanferan. Tinggi dari tanaman ini dapat mencapai 15 m. Berkembang biak dengan cara biji dan stek. Hidup diketinggian 500-1.900 mdpl.

Kandungan zat yang ada di tanaman adem ati

Tanaman ini banyak mengandung zat aktif alkoloid, (golongan fenantrena dan aporfina), flavanoid, tanin, polifenol, dan minyak atsiri.

Manfaat dan khasiat

  • Digunakan sebagai anti inflamasi/peradangan
  • Digunakan sebagai penghilang sakit/nyeri atau analgesik
  • Digunakan sebagai penghilang pendarahan
  • Obat diare
  • Menyembuhkan kencing manis\Mengobati radang usus, dan radang payudara
  • Sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka bernanah
  • Obat sakit bisul
  • Mengobati luka berdarah
  • Digunakan sebagai obat penenang

Baca Juga Artikel Tentang :