Tanaman Bangle – Khasiat dan Manfaatnya

Tanaman Bangle – Khasiat dan Manfaatnya

Gambaran Umum

Bangle (Zingiber montanum = syn. Zingiber cassumunar, syn. Z. purpureum Roxb.) adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Rana Minang), banglee’iy (Rejang), panglai (Pasundan/Sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

Bangle ditemukan di kawasan India selatan yang beriklim tropis dan kawasan Asia Tenggara seperti : Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Laos dan Kamboja.

Ciri Umum Bangle :

Bangle tumbuh di daerah Asia tropika, dari India sampai Indonesia. Di Jawa dibudidayakan atau ditanam di pekarangan pada tempat-tempat yang cukup mendapat sinar matahari, mulai dari dataran rendah sampai 1.300 m dpi. Pada tanah yang tergenang atau becek, pertumbuhannya akan terganggu dan rimpang cepat membusuk. Herba semusim, tumbuh tegak, tinggi 1-1,5 m, membentuk rumpun yang agak padat, berbatang semu, terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya berambut sikat. Daun tunggal, letak berseling. Helaian daun lonjong, tipis, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, berambut halus, jarang, pertulangan menyirip, panjang 23–35 cm, lebar 20–40 mm, warnanya hijau. Bunganya bunga majemuk, bentuk tandan, keluar di ujung batang, panjang gagang sampai 20 cm. Bagian yang mengandung bunga bentuknya bulat telur atau seperti gelendong, panjangnya 6–10 cm, lebar 4–5 cm. Daun kelopak tersusun seperti sisik tebal, kelopak bentuk tabung, ujung bergerigi tiga, warna merah menyala. Bibir bunga bentuknya bundar memanjang, warnanya putih atau pucat. Bangle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging, bentuknya hampir bundar sampai jorong atau tidak beraturan, tebal 2–5 mm. Permukaan luar tidak rata, berkerut, kadang-kadang dengan parut daun, warnanya coklat muda kekuningan, bila dibelah berwarna kuning muda sampai kuning kecoklatan. Rasanya tidak enak, pedas dan pahit. Bangle digolongkan sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat obat. Panenan dilakukan setelah tanaman berumur satu tahun. Perbanyakan dengan stek rimpang.

Dengan nama latin Zingiber cassumunar atau Zingiber montanum, mempunyai bentuk yang menyerupai jahe baik itu bentuk rimpang, bunga hingga daunnya. Padahal keduanya merupakan tanaman yang sangat berbeda baik dari segi rasa maupun khasiatnya. Bangle kalah populer dengan jahe, banyak otrang bahkan mungkin baru mendengar. Di negara lain khususnya Thailand, bangle dikenal dengan sebutan plai dan sering digunakan sebagai obat pijat dan bahan makanan.Plai juga sering digunakan untuk aromatherapi yang berkhasiat mengatasi inflamasi

Perbedaan bangle dengan jahe

Dari segi rasa, jahe memiliki cita rasa khas yang enak, sedangkan bangle umumnya tidak memiliki rasa yang enak, sedikit pedas dan pahit, Dari sisi ukuran bangle memiliki ukuran yang lebih besar daripada jahe. Kulit rimpang jahe lebih hitam dan sedikit berkerut.

Kandungan yang terdapat di bangle

Di dalam bangle mengandung terpinen, phenylbutanoids, sabinene, trans, butadiene, antioksidan.

Kegunaan Tanaman Bangle:

  1. Mengobati penyakit demam
  2. Obat sakit perut
  3. Obat sakit kepala
  4. Obat sakit kuning
  5. Obat rematik
  6. Obat cacingan
  7. Melancarkan BAB
  8. Antioksi
  9. Meningkatkan nafsu makan
  10. Mengatasi begah
  11. Obat batuk
  12. Mengatasi masuk angin
  13. Menurunkan berat badan.

 

Baca Juga Artikel Tentang :