Tanaman Lada dan Khasiatnya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Lada atau merica memiliki nama latin Piper Albi Linn merupakan rempah-rempah yang kaya akan kandungan bahan kimia. Tanaman ini memiliki rasa sedikit pahit namun pedas dan hangat. Tanaman ini sudah sangat terkenal sejak dulu.

Hingga kini tanaman lada atau merica lebih dikenal sebagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Banyak yang lebih mengenal dengan lada hitam dan lada putih. Tanaman ini merupakan komoditi dagang yang cukup besar di Indonesia.

Banyak hasil panen lada yang diekspor ke luar negeri. Jumlahnya cukup signifikan hingga 80% lada yang diekspor ke luar negeri. Merica berfungsi dalam menghangatkan badan sehingga tak heran bila banyak negara 4 musim yang mengkonsumsi rempah ini.

Selain itu tanaman ini juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lada mengandung minyak esensial seperti alkaloid amina, piperin yang mana dapat memberikan rasa pedas. Selain itu juga mengandung sabinene, pinene, terpinene, dll yang mana memberi aroma.

Lada juga mengandung mineral seperti mangan, seng, besi, kalsium, kalium dan lainnya. Selain itu juga mengandung sejumlah vitamin.

Lada banyak dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk pengobatan tradisional, diantaranya:

  1. Menurunkan resiko terkena kanker
    Senyawa kimia yang ada pada lada mampu menurunkan resiko akan penyakit kanker. Bahkan penyakit seperti tumor payudara juga bisa diobati dengan menggunakan tanaman ini.
  2. Meredakan penyakit rematik
    Kandungan lada yang bisa digunakan untuk mengobati rematik adalah minyak esensial. Minyak ini dapat mengurangi kandungan air yang ada di dalam tubuh yang mana berlebih, kelebihan kalsium, dan sisa racun.
  3. Menurunkan depresi
    Selain untuk mengobati remarik, minyak esensial juga bisa menurunkan depresi atau stress. Selain itu juga dikarenakan zat piperin yang merupakan zat antidepresan yang cukup kuat. Senyawa ini mampu mengurangi depresi serta meningkatkan kemampuan kognitif.
  4. Mencegah kerusakan pada gigi
    Lada juga sangat berguna dalam terapi gigi karena kandungan zat antiseptiknya yang bisa digunakan untuk mengobati gusi yang membengkak atau gigi busuk.
  5. Melegakan hidung tersumbat
    Kandungan capsaicin yang ada pada lada mampu membersihkan sinus sehingga bisa melegakan hidung yang tersumbat. Bahkan lada bisa membantu mengobati sinus.
  6. Menjaga jantung tetap sehat
    Banyaknya cairan di sekitar jantung akan membahayakan. Dengan mengkonsumsi lada bisa menghilangkan cairan tersebut dengan berkeringat saat mengkonsumsinya. Maka jantung akan tetap sehat.

Kandungan tanaman lada sangat banyak yang mana dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Meskipun lebih banyak yang mengenalnya sebagai bumbu dapur, tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Saat ini tanaman lada banyak dikembangkan sebagai obat tradisional. Obat tradisional dengan memanfaatkan tanaman rempah bisa dibuat sendiri untuk mengobati penyakit.

Baca Juga :