Tanaman Putri Malu yang Baik Untuk Kesehatan

Masih ingatkah pada masa kecil dimana kita sering memainkan tanaman yang bila kita sentuh daunnya akan menutup ke dalam? Ya, tanaman yang sensitif terhadap rangsangan sering disebut sebagai putri malu. Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa pudica ini merupakan tanaman dari anggota suku polong-polongan. Tanaman ini mudah dikenal dengan ciri-ciri yakni batangnya yang berwarna merah dan jika sudah tua batangnya akan berubah warna menjadi warna hijau. Daun pada permukaan atasnya berwarna hijau sedangkan di bagian bawahnya berwarna merah kecokelatan. Putri malu dikenal dengan sensitivitasnya pada bagian daunnya. Tidak hanya disentuh saja, daun putri malu sensitif jika ditiup dan dipanaskan. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan turgor pada tulang daun. Gerakan menutup pada daun putri malu disebut seismonati yang berfungsi untuk melindungi diri dari serangan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) disekitarnya.

tanaman putri malu

Tidak banyak yang tahu bahwa putri malu merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menjadi tanaman obat. Putri malu mengandung beberapa zat seperti tanin, nitrogen, oktigen, hidrogen, sulfur, asam pipekolinat, melatonin dan mimosin yang baik untuk kesehatan tubuh. Putri malu telah digunakan sebagai obat oleh para pakar tanaman obat di negeri tirai bambu, Tiongkok. Mereka memanfaatkan akar dan bijinya yang dapat merangsang muntah sehingga bermanfaat untuk mengatasi batuk dengan dahak yang sulit dikeluarkan. Selain dapat mengobati berdahak, berikut beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan tanaman putri malu.

  1. Penyakit bronkitis
    Bronkitis merupakan gangguan infeksi saluran pernapasan utama dari paru-paru yakni bronkus. Akibat infeksi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi pada bronkus sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami beberapa gejala seperti batuk, sakit pada dada, dan kesulitan bernapas. Putri malu dapat digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati penyakit bronkitis secara alami karena kandungan tanin dan mimosin dapat melawan virus atau bakteri penyebab bronkitis.
  2. Batuk berdahak
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman putri malu telah dimanfaatkan sebagai obat herbal batuk berdahak. Asam pipekolinat pada yang terdapat pada akarnya dapat mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Putri malu dapat diolah dengan cara sederhana yakni dengan merebus akar putri malu kurang lebih 10-15 gram sampai mendidih. Setelah mendidih, air rebusan tersebut diminum sampai habis. Minum secara rutin 2 kali sehari sampai batuk berdahak menghilang.
  3. Insomnia
    Insomnia merupakan gangguan tidur yang paling umum diderita oleh masyarakat khususnya masyarakat urban. Insomnia ditandai dengan sulitnya seseorang untuk memejamkan mata dan selalu gelisah. Insomnia dapat disebabkan karena suatu penyakit atau gangguan psikologis seperti stress, depresi dan trauma. Putri malu juga dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk mengatasi masalah insomnia yang menyerang. Kandungan melatonin yang terdapat pada putri malu bermanfaat untuk memberi efek sedatif atau penenang sehingga memicu rasa kantuk pada tubuh.
  4. Rematik
    Rematik merupakan penyakit yang lebih sering menyerang kalangan usia lanjut. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya menjaga asupan makan dimana terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang banyak seperti daging dan jeroan. Akar putri malu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik karena mengandung senyawa tanin yang dapat mengeluarkan kadar purin yang berlebihan dalam sendi.

Tanaman putri malu diolah dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan direbus ke dalam 1-3 gelas air hingga mendidih kemudian diminum secara rutin. Namun, putri malu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keracunan seperti mual dan muntah serta membahayakan janin.

Baca Juga :

Mungkin Anda Menyukai