Tanaman Tebu, Bahan Baku Gula Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Juga

Tebu merupakan tanaman yang terbilang paling berguna bagi masyarakat luas. Mungkin tanpa mengenal tanaman tebu masyarakat kita tidak akan mengenal rasa nikmat makanan dan juga minuman manis. Tanaman tebu sendiri memang merupakan bahan baku utama dari pembuatan gula pasir yang kita kenal sehari hari.

Tanaman ini dengan mudah memang bisa kita temukan di Indonesia. Karena digunakan sebagai tanaman bahan baku pembuatan gula pasir putih maka perkebunan tebu di Indonesia juga begitu banyak dan luas. Tebu selain untuk digunakan sebagai tanaman bahan baku pembuatan gula pasir putih, namun bisa juga diolah sebagai minuman yang sangat nikmat. Bagian yang sering kali dimanfaatkan untuk membuat minuman ini adalah dari batangnya. Sebenarnya mengkonsumsi tanaman tebu secara fresh dan alami tanpa melewati pengolahan bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Ada beberapa senyawa yang terkandung di tanaman tebu yang bisa membantu kita menyembuhkan berbagai macam penyakit.

tanaman tebu

Namun sekarang ini sudah sangat jarang orang bisa mengkonsumsi tanaman tebu secara alami. Padahal jika dikonsumsi secara langsung dan fresh ada beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan seperti akan dijelaskan di bawah ini :

  1. Obat untuk penyakit kuning
    Tahukan anda apakah penyakit kuning itu ?penyakit kuning merupakan sebuah kondisi dimana kulit kita terlihat menguning karena pigmen dan membrane pada ulit kita memang menguning karena billiburin dalam darah. Kandunga pada air tebu bisa membantu menjadi obat untuk penyakit kuning karena bisa membantu kinerja hati yang menjadi sumber masalah penyakit kuning akan bekerja secara lebih optimal
  2. Mencegah kanker
    Ternyata tanaman tebu memiliki manfaat yang luar biasa yakni sebagai tanaman pencegah kanker khususnya kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru paru. Tanaman ini mengandung senyawa bernama alkali yang mampu mencegah terjadinya kanker pada tubuh kita.
  3. Bagus untuk penderita diabetes
    Mungkin terkadang terjadi salah pengertian yang mengatakan bahwa tebu tidak baik untuk penderita diabetes. Sebenarnya yang itdak baik adalah gula yang merupakan hasil olahan dari tanaman tebu. Sebenarnya tebu jika masih fresh memiliki kandungan senyawa octaconasol yang merupakan jenis alkohol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga menjadi penghambat timbulnya plak di dalam dinding pembuluh darah.

Ternyata tanaman tebu memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak anda sangka sangka. Namun tentunya tanaman tebu ini harus anda konsumsi secara alami atau fresh. Beda lagi dengan gula pasir putih yang memang merupakan hasil olahan dari tanaman tebu yang pastinya di pengolahan tersebut sudah ada senyawa senyawa lain yang justru membahayakan. Sudah banyak juga yang berhasil membuktikan bahwa tanaman tebu alami bisa menyembuhkan penyakit yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga :