Tanaman Tembelekan Tanaman Yang Kaya Akan Manfaat

Tidak ada komentar 234 views

Tanaman Tembelekan merupakan tanaman perdu tegak atau setengah merambat, memiliki cabang yang banyak, ranting berbentuk segi empat, dan ada varietas berduri ada juga juga varietas yang tidak berduri. Tanaman Tembelekan memiliki tinggi lebih kurang 2 m. Biasanya tanaman ini sering tumbuh di daerah dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Tanaman Tembelekan merupakan tanaman yang sering kali digunakan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias. Memiliki bunga putih, merah muda, kuning dan masih banyak warna lainnya. Tanaman Tembelakan ternayata memiliki fungsi lain yakni sebagai obat yang bisa menyehatkan tubuh kita. Tentunya kandungn senyawa di tanaman tembelekan dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit yang mengidap di tubuh kita. Tanaman Tembelekan juga sering kali digunakan sebagai tanaman obat tradisional yang alami. Namun sekarang ini banyak orang sudah mulai melupakan manfaatnyaa sebagai pengobatan dan lebih mempercayai pengobatan menggunakan obat kimiawi dari dokter.

tanaman tembelekan

Ternyata tanaman Tembelekan ini memang memiliki berbagai manfaat yang juga masih jarang diketahui oleh beberapa orang. Menurut beberapa penelitian, Akar dari tanaman tembelekan memiliki khasiat sebagai pereda demam (antiperetik), penawar racun (anti toksik), penghilang rasa nyeri (analgesic), dan penghenti pendarahan (hemostatis). Sedangkan di daun Tembelekan memiliki kandungan penghilang rasa gatal (anti pruritus), pereda radang (anti inflamasi). Dan dari bunganya memiliki khasiat sebagai penghenti pendarahan sama seperti akanya. Dengan kandungan dan manfaat yang begitu banyak memang tanaman tembelekan ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti

  1. Mengatasi Penyakit Rematik
  2. Mengatasi TBC Kelenjar Getah Bening
  3. Mengatasi TBC Paru
  4. Mengatasi Demam Tinggi

Tanaman Tembelekan yang kaya akan manfaat ternyata masih begitu jarang diketahui oleh orang orang. Padahal jika mengetahui hal ini kita tidak perlu repot repot untuk mencai pengobatan penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Tanaman tembelekan juga sudah terbukti merupakan obat tradisional untuk mengobati penyakit TBC paru dan TBC kelenjar getah bening yang sangat ampuh. Untuk pengobatan TBC paru dengan menggunakan tanama Tembelekan juga sangat mudah.

Caranya tinggal menggunakan bunga dari tanaman Tembelekan. Bunga yang sebelumnya sudah dijemur kering direbus dengan air hingga matang. Setelah itu ramuan tersebut diminum rutin 2 kali sehari. Untuk pengobatan TBC Kelenjar Getah Bening caranya sedikit berbeda. Bagaian dari tanaman Tembelekan yang akan kita manfaatkan yakni bagian akarnya. Caranya tinggal rebus akar dari tanaman Tembelekan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan hingga air mendidih menjadi dingin dan konsumsi secara rutin ramuan tadi paling tidak 3 kali sehari. Tentunya dengan cara tersebut maka TBC kelenjar getah bening anda akan mereda. Selain itu juga masih banyak cara lagi untuk menyembuhkan berbagai penyakit dengan Tembelekan.

Baca juga :