Teh Rosella Kaya Akan Manfaat

Teh Rosella Kaya Akan Manfaat

Teh Rosella – mempunyai nama latin Hibiscus sabdariffa L. adalah sejenis tanaman berbunga yang berasal dari negeri Afrika. Di tanah air tanaman ini dikenal dengan sebutan rosela atau juga dibeberapa daerah disebut adam paya, adam kumbang, asam susur dan lain-lain. Pemanfaatan tanaman rosela lebih banyak dijadikan teh, obat herbal, untuk sayuran dan selai kurang begitu diminati.

Ciri-ciri tanaman ini, bunga berwarna merah, terdapat seperti duri pada pangkal bunga dan pertumbuhan tanaman ini seperti semak dan umumnya digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk dan warna bunga sangat menarik dan unik.

Kandungan zat yang ada di dalamnya

mineral atau nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah, Vitamin A, C, dan D, Vitamin B (Thiamin, Riboflavin, Niacin), Kalsium, Protein, Zat besi, kalium dan natrium, 18 jenis asam amino essensial, betakaroten, omega 3, magnesium, gossipetin, glukosida hibiscin, fenolik.

Beberapa manfaat yang didapat jika rutin mengkonsumsi teh rosela

  1. Bersifat anti kanker
  2. Bersifat diuretik
  3. Menurunkan asam urat
  4. Anti hipertensi
  5. Menjaga metabolisme tubuh
  6. Mengatasi diabetes militus
  7. Sebagai antioksidan alami
  8. Meringankan gejala batuk
  9. Menjaga stamina dan vitalitas tubuh
  10. Meringankan gejala sariawan
  11. Meringankan gejala influensa
  12. Anti depresi
  13. Menghentikan pendarahan gusi
  14. Mempercepat penyembuhan luka
  15. Meringankan anemia

Cara Pemanfaatan

Kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan berpengaruh terhadap efektifitas kandungan zat dalam rosela. Tentu saja hal tersebut mampu menurunkan kemanfaatan terhadap tubuh dan efek dari mengonsumsi rosela seperti yang kita harapkan tidak muncul. Kerusakan yang berdampak pada hilangnya manfaat kandungan zat aktif dalam rosela sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Rosela yang telah hilang kemanfaatannya dikenali melalui warna dari seduhan kelopak rosela. Tidak adanya warna merah anggur khas rosela dalam seduhannya menunjukkan antosianin (zat aktif dalam rosela) telah terdegradasi dan khasiatnya pun sudah tidak ada lagi. Hal ini terjadi pada hasil olahan rosela yang berbentuk sirup dalam botol kaca bening yang terkena sinar matahari langsung.

  • Pemanfaatan Tanaman Rosela untuk digunakan sebagai bahan teh : petik kelopak bunga rosella, jemur hingga kering. Seduh bunga rosela secukupnya, campur madu agar mendapat khasiat lebih.
  • Dikonsumsi sebagai sayur : gunakan secukupnya kelopak bunga rosela, cuci dan kukus hingga matang. Selanjutnya bisa dikonsumsi dengan menggunakan sambal atau campuran pecel.
  • Selai : cuci bersih kelopak bunga rosela, selanjutnya lakukan proses pembuatan selai. Atau alau mau lebih gampang dibuat jus.

 

Baca Juga Artikel Tentang :